TIPS MERAWAT CUCAK IJO AGAR RAJIN BERKICAU

TIPS MERAWAT CUCAK IJO AGAR RAJIN BERKICAU
Tips merawat burung cucak hijau agar rajin berkicau berikut ini :

  • Pilihlah burung cucak hijau yang berkelamin jantan, hal ini sangat penting karena burung cucak hijau jantan lebih sering berkicau sehingga untuk melatih kicauannya agar merdu disarankan untuk memilih burung cucak hijau jantan, meski demikian bagi yang akan mengembangbiakkan burung ini tetaplah harus merawat burung cucak hijau dengan telaten agar anakannya terutama yang jantan berkualitas sehingga mudah dilatih agar kicauannya merdu.
  • Jaga kebersihan dan kenyamanan kandangnya. Bersihkan kandangnya minimal satu kali setiap hari dan jangan terlambat membersihkannya. Hal ini sangatlah penting karena kandang yang bersih dan nyaman membuat burung cucak hijau tumbuh sehat dan berkualitas sehingga lebih mudah dilatih.
  • Penting untuk anda ketahui setiap kali hendak memandikan burung cucak hijau, alangkah baiknya jika 30 menit sebelum dimandikan, burung diangin-anginkan terlebih dahulu tujuannya agar suhu tubuh burung cucak hijau dapat menyesuaikan dengan suhu air ketika dimandikan sehingga si burung tidak merasa stress. Anda juga harus rutin menjemur burung cucak hijau dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00 setiap hari dan setelahnya angin-anginkan di teras terlebih dahulu sekitar 10 menitan sebelum masuk ke dalam rumah.
  • Berikan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk burung cucak hijau ini, menu tambahan pun sebaiknya bervariasi misalnya jangkrik, ulat hongkong, atau kroto. Jangan lupa untuk menganti voer 2 hari 1 kali dan utamakan memilih yang kadar proteinnya 12-18%. Makanan yang sehat dan bergizi mampu membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat, mineral, protein dan vitamin bagi tubuh burung cucak hijau sehingga pertumbuhan dan kemampuannya dapat dilatih dengan maksimal.
  • Lakukanlah pemasteran dengan mp3 atau bisa juga dengan burung yang sudah master, dianjurkan dilakukan pukul 10-2 sore dan burung dalam kondisi dikrodong tujuannya agar mendapatkan hasil terbaik.