KONDISI BERAK KAPUR PADA BURUNG CUCAK IJO

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang burung cucakijo di blog pekicau  yaitu yang berjudul : Perawatan harian burung cucak ijo serta tentang Perawatan cucak ijo supaya siap dikonteskan maka untuk melengkapi postingan tersebut diatas maka dibawah ini pekicau  akan memposting tentang bagaimana cara mengatasi kondisi Berak kapur pada burung cucak iji, semoga postingan kali ini  dapat bermanfaat bagi anda semua. terimakasih 

Ciri Penyakit Berak Kapur pada Cucak Ijo :

Penyakit berak kapur pada burung cucak ijo ini biasanya akan terlihat dari kotoran burung yang encer serta berwarna putih dan dubur burung akan terlihat basah, serta aktivitas pada burung akan lesu dan bulu terlihat kusam tidak fresh, sayap turun atau terkulai bisa juga akan nafsu makannya menjadi berkurang dan burung terlihat mengantuk serta bulu seperti merinding.

Pencegahan  Berak Kapur pada Cucak Ijo:
Harus bisa dan wajib menjaga kebersihan kandang burung, dan juga tempat makan dan tempat minum burung harus bersih serta sangkar sekali-kali kalo bisa disemprot dengan disinfektan, kemudian pisahkan burung tersebut agar tidak menulari burung yang lainnya.


Pengobatan Berak Kapur pada Cucak Ijo:
Burung cucak ijo bisa diberikan obat atau antibiotik yang bisa dibeli pada di toko-toko penjual pakan burung/ternak. contohnya bisa saja anda mencoba memberikan Vitatetrachlor yang dicampurkan dengan air minum, dosis sesuai dosis yang berlaku, juga bisa di obati dengan Sulfamix yang diberikan secara oral ( melalui mulut burung ).
sumber referensi  :tipspetani.blogspot